1.3.2   Additional Features

VERSI TANGGAL PERUBAHAN
1 27/03/2018 Initial Release

OVERVIEW

Pemilik aplikasi dapat melakukan perubahan pengaturan fitur untuk aplikasi yang telah dibuat atau yang akan dibuat. Tampilan fitur ini dapat dilihat dengan mengakses tahapan Ketiga (Content) pada Engine.

image0

Berikut pengaturan tambahan yang disediakan pada aplikasi dengan tipe Basic maupun Advanced.

No Nama Fitur Basic Advanced
1 Login Enabled
2 Login Required
3 Login Approval
4 Shopping Enabled
5 SKU Enabled  
6 Delivery Estimation  
7 Tax Enabled  
8 Price Currency
9 Membership Features  
10 User Group Enabled
11 Member Profile  
12 Member Points  
13 Promo Code Enabled  

CARA MENGGUNAKAN FITUR INI

  1. Untuk menggunakan fitur ini, cukup klik tombol On/Off yang ada di masing masing fitur. Sebagai contoh, berikut tampilan apabila fitur ini diaktifkan atau dinonaktifkan.
Fitur non-aktif -> image1 , Fitur aktif -> image2
  1. Khusus untuk fitur Price Currency, klik tombol harga (currency), dan masukkan mata uang yang baru, kemudian klik OK. Sebagai contoh, berikut untuk mengubah format dari Rp ke Rupiah

image3

image4 -> image5


PENJELASAN FITUR

  1. Login Enabled

    Fitur ini berfungsi untuk mengubah pengaturan fungsi login pada aplikasi. Apabila fungsi ini diaktifkan, maka pengguna aplikasi dapat mendaftarkan dirinya sebagai member pada aplikasi tersebut. Adapun daftar pengguna yang mendaftar dapat dilihat di menu User List pada CMS.

    Gambar di bawah ini adalah tampilan yang akan muncul pada menu sidebar pada aplikasi ketika fitur ini diaktifkan.

    image6

    Berikut adalah tampilan CMS ketika fitur ini diaktifkan.

    image7

    image8

  2. Login Required

    Fitur ini berfungsi untuk menampilkan halaman login pada aplikasi mobile, sehingga pengguna aplikasi diwajibkan untuk login terlebih dahulu sebelum mengakses konten aplikasi.

    Untuk mengaktifkan fitur ini, fitur Login Enabled harus diaktifkan terlebih dahulu.

    Gambar di bawah ini adalah tampilan aplikasi ketika fitur ini diaktifkan.

    image9

  3. Login Approval

    Fitur ini berfungsi untuk memberikan persetujuan terhadap pengguna yang melakukan registrasi pada aplikasi. Apabila admin dari aplikasi tidak memberikan persetujuan terhadap pengguna yang mendaftar, maka pengguna tersebut tidak akan terdaftar sebagai member dari aplikasi tersebut.

    Untuk mengaktifkan fitur ini, fitur Login Enabled harus diaktifkan terlebih dahulu

    Berikut adalah tampilan aplikasi ketika fitur ini diaktifkan yang menunjukkan apabila admin aplikasi belum memberikan persetujuan kepada calon pengguna yang baru mendaftar.

    Berikut adalah tampilan CMS ketika fitur ini diaktifkan.

    image10

    Tampilan apabila admin aplikasi ingin memberikan persetujuan kepada calon pengguna aplikasi.

  4. Shopping Enabled

    Fitur ini berfungsi untuk menambahkan shopping cart ke dalam aplikasi, sehingga pengguna aplikasi dapat melakukan transaksi di dalam aplikasi.

    Untuk mengaktifkan fitur ini, fitur Login Enabled harus diaktifkan terlebih dahulu.image11

    Gambar di kanan adalah tampilan menu yang akan muncul pada aplikasi ketika fitur ini diaktifkan.

    Berikut adalah tampilan CMS ketika fitur ini diaktifkan.

    image12

  5. SKU Enabled

    Fitur ini berfungsi untuk menambahkan kolom kode produk atau SKU (Stock Keeping Unit) pada saat menambahkan atau mengubah data produk.

    Untuk mengaktifkan fitur ini, fitur Shopping Enabled harus diaktifkan terlebih dahulu.

    Berikut adalah tampilan pada menu Products pada CMS ketika fitur ini diaktifkan.

    image13

  6. Delivery Estimation

    Fitur ini berfungsi untuk menampilkan kolom pengiriman yang muncul pada halaman Shopping Cart setelah memilih Payment Type: Bank Transfer. Lalu dipilih pengiriman tersebut ingin menggunakan pengiriman domestik atau internasional.

    Untuk mengaktifkan fitur ini, fitur Shopping Enabled harus diaktifkan terlebih dahulu.

    image14

    Tampilan dari halaman CMS adalah sebagai berikut pada menu Customize Delivery Charge Estimation jika di pilih pengiriman domestik.

    • Current Origin diisi dengan lokasi alamat toko atau alamat pengiriman produk dari pemilik aplikasi
    • Available Services memungkin pemilik aplikasi memilih satu atau lebih jasa layanan pengiriman produk yang bisa digunakan oleh user nantinya

    image15

  7. Tax Enabled

    Fitur ini berfungsi untuk menampilkan tambahan harga yang berupa pajak atau biaya lainnya yang pemilik aplikasi inginkan. Biaya ini bisa ditambah pada CMS pada menu yang bernama Tax Fields. Kemudian ditambahkan biaya tambahan tersebut apa pada bagian dibawah ini

    image16

    Tampilan dari sisi pengguna aplikasi adalah sebagai berikut:

    image17

    Harga tambahan tersebut bernama PPN yang muncul pada halaman Shopping Cart.

  8. Price Currency

    Fitur ini berfungsi untuk mengubah format harga (currency) di dalam aplikasi. Contoh dari Rp menjad Rupiah atau sebaliknya.

    Gambar di bawah ini menunjukkan target dari perubahan yang terjadi apabila fitur ini digunakan.

    image18

  9. Membership Features

    Fitur ini berfungsi untuk menampilkan fitur Membership yang bisa digunakan pemilik aplikasi dalam memberikan poin tambahan kepada member yang sudah melakukan pendaftaran ataupun setelah melakukan pembelian produk. Yang dimana poin yang dikumpulkan tersebut bisa ditukarkan kembali dengan produk lain yang telah disediakan oleh pemilik toko (pemilik aplikasi).

    image19

  10. User Group Enabled

    Fitur ini berfungsi untuk mengkategorikan member terhadap grup yang sudah dibuat sebelumnya oleh pemilik aplikasi. Praktek pemakaiannya adalah sebagai berikut:

    • Tersedia 2 grup yaitu grup vip dan non vip, serta 2 member yaitu member A dan B.
    • Masing-masing grup memiliki menu yang bisa di akses berbeda-beda. Grup vip memiliki 10 menu yang bisa diakses, sedangkan menu non vip memiliki 5 menu yang bisa diakses.
    • Member A dipindahkan grup nya menjadi grup vip dan member B menjadi grup non vip. Maka member A hanya bisa mengakses 10 menu dan tidak bisa mengakses menu yang ada pada member B dengan grup non vip. Member B juga demikian.

    Tampilan pada CMS adalah sebagai berikut:

    image20

Catatan

Informasi selengkapnya silahkan klik disini

  1. Member Profile

    Fitur ini digunakan untuk menampilan profil member yang sudah terdaftar pada sistem Membership. Data yang ditampilkan berupa data yang muncul pada halaman registrasi serta terdapat 16 digit angka yang merupakan nomor member untuk user yang sudah melakukan registratsi.

    image21

    Data yang ditampilkan bisa diatur kembali oleh pemilik aplikasi ingin dimunculkan atau tidak. Diatur pada CMS seperti gambar dibawah ini:

    image22

  2. Member Points

    Fitur ini memungkinkan pembeli mendapat poin ketika selesai melakukan pembelian produk. Poin tersebut bisa di lihat ketika sudah selesai login di dalam aplikasi.

    image23

    Pada fitur ini juga memungkinkan pemilik aplikasi untuk memberikan poin tambahan kepada masing-masing member-nya yang sudah terdaftar sebagai anggota di dalam aplikasi yang dimiliki.

    image24

    Keterangan:

    • Add Points, digunakan apabila pemilik aplikasi ingin memberikan poin tambahan diluar dari pembelian produk. Dengan mencamtumkan berapa poin yang ingin ditambahkan dan apa alasannya kenapa ingin memberikan member tersebut poin tamabahan.
    • View History, digunakan untuk meliwat riwayat atau aktivitas yang berkaitan dengan transaksi member atau riwayat poin
    • View Items, digunakan untuk melihat aktivitas yang berkaitan dengan kegiatan menukarkan hadiah (redeem reward) dari poin yang sudah di tukarkan