3.4.2   Customize Email

Compro Knowledge Base

Request for Customize Email

VERSI TANGGAL PERUBAHAN
1 06/14/2017 Latest Update

Catatan

Fitur Customize Email ini hanya untuk dipahami di kalangan internal dulu. Affiliate belum boleh diberitahukan mengenai adanya fitur ini termasuk untuk adanya larangan untuk menyebar dokumen ini kepada Affiliate

FAQ

Apakah aplikasi mendukung pengguna untuk mengubah format email yang dikirimkan oleh sistem?

OVERVIEW

Pemilik aplikasi dapat melakukan pengaturan pada CMS untuk mengubah format email yang dikirimkan oleh sistem melalui Fitur Customize Email.

SYARAT dan KETENTUAN

  1. Aplikasi harus bertipe Advanced.
  2. Fitur ini dapat diaktifkan dengan melakukan request terlebih dahulu ke team support via aplikasi Compro Support.

TAMPILAN

Berikut ini adalah posisi menu Customize Email pada CMS.

image0

Keterangan:

  1. Customize Email - Register

    Submenu Register digunakan untuk mengubah format email yang dikirimkan ke pengguna ketika pengguna mendaftar / registrasi ke dalam suatu aplikasi.

  2. Customize Email - Transaction

    Submenu Transaction digunakan untuk mengubah format email yang dikirimkan ke pengguna ketika pengguna berhasil melakukan transaksi (check out).

  3. Customize Email - Transaction Status

    Submenu Transaction Status digunakan untuk mengubah format email yang dikirimkan ke pengguna ketika Admin App mengubah status transaksi. (Contoh: dari status “pending” ke “in process”)

  4. Customize Email - Forgot Password

    Submenu Forgot Password digunakan untuk mengubah format email yang dikirimkan ke pengguna ketika pengguna menggunakan fitur lupa kata sandi dari aplikasi

  5. Customize Email - Forgot Password Confirmation

    Submenu Forgot Password Confirmation digunakan untuk mengubah format email yang dikirimkan ke pengguna ketika pengguna telah menggunakan fitur lupa kata sandi (forgot password) dari aplikasi dan ingin mengkonfirmasi password nya dengan password yang baru.


Tampilan menu Customize Email:

image1

Keterangan:

  1. Reset

    Tombol Reset digunakan untuk mengembalikan format email ke keadaan awal / default secara sistem.

  2. Email From

    Email From digunakan untuk mengubah display email yang tertera pada saat pengguna mendapatkan email.

  3. Email Sender Name

    Email Sender Name digunakan untuk mengubah display nama pengirim email yang tertera pada saat pengguna mendapatkan email.

  4. Email Subject

    Email Subject digunakan untuk mengubah subjek email pada saat pengguna mendapatkan email.

  5. Email Body

    Email Body digunakan untuk mengubah isi email pada saat pengguna mendapatkan email

  6. Submit

    Tombol Submit digunakan untuk menyimpan format email yang telah diubah.

  7. Email Tags

    Email Tags merupakan kumpulan tag yang dapat digunakan pada saat mengirimkan email. Tujuan Email Tags adalah menampilkan informasi yang hanya bisa dihasilkan di-generate oleh sistem. Penjelasan tentang Email Tags ada di bagian Email Tags di halaman selanjutnya.

Berikut dibawah contoh email yang menjelaskan posisi Email From, Email Sender Name, Email Subject dan Email Body pada saat menerima email

image2

Keterangan:

  1. Email From (s4lcombi@gmail.com)
  2. Email Sender Name (Compro App)
  3. Email Subject (TR2017… arrived!)
  4. Email Body

Email Tags

Terdapat beberapa email tags yaitu:

  1. [APP_NAME]

    Tag ini digunakan untuk menampilkan nama Aplikasi / app.

  2. [USER_NAME]

    Tag ini digunakan untuk menampilkan nama pengguna / user. Tag ini hanya terdapat pada Customize Register Email dan Customize Forgot Password Confirmation Email.

  3. [ADMIN_EMAIL]

    Tag ini digunakan untuk menampilkan email Administrator / admin. Tag ini hanya terdapat pada Customize Transaction Email, Customize Transaction Status Email, dan Customize Forgot Password Email.

  4. [TRANS_ORDER_ID]

    Tag ini digunakan untuk menampilkan nomor Order Transaksi / Transaction Order Number. Tag ini hanya terdapat pada Customize Transaction Email dan Customize Transaction Status Email.

  5. [TRANS_NAME]

    Tag ini digunakan untuk menampilkan nama Customer yang tertera pada transaksi. Tag ini hanya terdapat pada Customize Transaction Email dan Customize Transaction Status Email.

  6. [TRANS_DATE]

    Tag ini digunakan untuk menampilkan tanggal Transaksi. Tag ini hanya terdapat pada Customize Transaction Email dan Customize Transaction Status Email.

  7. [TRANS_SUMMARY]

    Tag ini digunakan untuk menampilkan keterangan Transaksi. Tag ini hanya terdapat pada Customize Transaction Email.

  8. [TRANS_SUMMARY_REVIEW]

    Tag ini digunakan untuk menampilkan keterangan Transaksi secara Detail. Tag ini hanya terdapat pada Customize Transaction Email.

  9. [FORGOT_PASSWORD_BUTTON]

    Tag ini digunakan untuk menampilkan tombol Forgot Password / lupa Password. Tag ini hanya terdapat pada Customize Forgot Password Email.

  10. [FORGOT_PASSWORD_URL]

    Tag ini digunakan untuk menampilkan tautan Forgot Password / lupa Password. Tag ini hanya terdapat pada Customize Forgot Password Email.

  11. [NEW_PASSWORD]

    Tag ini digunakan untuk menampilkan Password baru setelah pengguna mengkonfirmasi untuk Forgot / lupa Password. Tag ini hanya terdapat pada Customize Forgot Password Confirmation Email.

Efek Pada Aplikasi

Apabila fitur ini diaktifkan, berikut contoh tampilan dari CMS dan email yang dihasilkan.

Contoh tampilan pada Customize Transaction Email:

image3

Berikut Tampilan Email yang diterima oleh pengguna:

image4